YPS CRYPT: Visual Basic 2010 Bagian 1 - Introduction

Thursday, September 17, 2015

Visual Basic 2010 Bagian 1 - Introduction

Visual Basic 2010 adalah versi terbaru dari Visual Basic yang diluncurkan oleh Microsoft pada tahun 2010. VB2010 hampir mirip dengan Visual Basic 2008, aka tetapi telah menambahkan banyak fitur baru. Seperti Visual Basic 2008, Visual Basic 2010 juga lebih matang akan Bahasa Object-Oriented Programming (OOP) , sehingga telah terintegrasi dengan bahasa OOP lain seperti C ++, Java, C # dan lain-lain.

Namun, Anda tidak perlu tahu OOP untuk belajar VB2010. Bahkan, jika Anda sudah familiar dengan Visual Basic 6, Anda dapat belajar VB2010 dengan mudah karena sintaks dan antarmuka yang mirip. Visual Basic 2010 Express Edition tersedia gratis untuk di-download dari situs Microsoft.


Klik untuk mendownload dari situs resminya:

 Klik untuk mendownload

Pada saat anda memulai pertama kali VB2010 anda akan menemukan IDE Start Page yang terdiri dari beberapa bagian, yaitu :

  • Bagian New Project/Open Project Section.
  • Recent Project, adalah bagian yang akan menampilkan project anda yang baru-baru ini anda buat.
  • Getting Started Pane, akan memberikan beberapa tips dan trik yang bermanfaat untuk mempercepat pengembangan project.
  • Latest New Section, menyediakan berita online terbaru tentang Visual Basic 2010.
  • Express, bagian yang mengumumkan rilis terbaru atau versi terbaru.
  • Properties Section, adalah bagian yang akan membiarkan anda untuk mendefinisikan setiap properti dari setiap kontrol yang ada.


Kotak dialog menawarkan lima jenis proyek yang dapat Anda buat. Seperti kita akan belajar untuk membuat Aplikasi windows, kita akan pilih Windows Forms Application.

Di bagian bawah kotak dialog ini, Anda dapat mengubah nama default project WindowsApplication1 dengan beberapa nama lain yang Anda suka, sebagai contoh saya isi dengan nama myFirstProgram. Setelah Anda memiliki nama project, klik OK untuk melanjutkan. Berikut IDE Windows yang akan muncul, hampir mirip dengan Visual Basic 6. Ini terdiri dari formulir kosong, tab toolbox dan properties. Tata letak sedikit berbeda dari Toolbox VB2008,Toolbox tidak akan ditampilkan sampai meng-klik pada Toolbox tab. Untuk memunculkan anda harus klik pada tab Toolbox, maka kontrol umum Toolbox akan muncul.


Kemudian drag tombol kontrol ke dalam formulir, dan mengubah text default Button1 dengan OK di bagian Properties Window, lalu kata OK akan muncul dalam bentuk Button, seperti yang ditunjukkan gambar di bawah ini:


Kemudian klik 2x pada button "OK" tersebut untuk memasukan codingan nya. Berikut adalah contoh codingan untuk memunculkan sebuah pesan:


Untuk menjalankan program yang baru saja anda buat silahkan klik tombol Run yang terletak pada toolbar (tombol play berwarna hijau), setelah program berjalan maka klik tombol "OK" yang tadi telah anda buat. Maka kotak dialog akan muncul dan menampilkan pesan "WELCOME TO VISUAL BASIC 2010", seperti yang ditunjukkan di bawah ini:


Selamat, anda sudah bisa membuat program pertama anda ...
Mudah sekali bukan ^_^







No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog sederhana ini :)