YPS CRYPT: Visual Basic 2010 Bagian 2 - Working with Controls

Friday, September 18, 2015

Visual Basic 2010 Bagian 2 - Working with Controls

Kontrol dalam Visual Basic 2010 adalah alat yang dapat ditempatkan dalam berbagai bentuk untuk melakukan berbagai tugas. Kita bisa menggunakannya untuk membuat semua jenis aplikasi Windows. Diagram di bawah ini menunjukkan Toolbox yang berisi kontrol dari Visual Basic 2010. Mereka dikategorikan ke dalam Common Controls, Containers, Menu, Toolbars, Data, Components, Printings dan Dialogue. Pada saat ini, kita akan fokus pada kontrol umum. Beberapa yang paling umum dan yang paling sering digunakan adalah Button, Label, ComboBox, ListBox, PictureBox, TextBox dan banyak lagi.

Untuk memasukkan control ke formulir Anda, Anda hanya perlu untuk drag control dari kotak alat dan di drop ke dalam form. Anda dapat reposisi dan mengubah ukurannya yang Anda inginkan. Mari kita periksa beberapa contoh yang membuat penggunaan Button, Label, TextBox, ListBox dan PictureBox. Anda tidak perlu khawatir tentang begitu banyaknya codingan, karena saya akan menjelaskan sintaks program yang akan membuat Anda maju ke pelajaran nanti.



Ketika Anda mengklik pada ToolBox Tab, maka akan muncul Common Controls.



2.1 Membuat program pertama Anda

Untuk membuat program pertama Anda, tdrag tombol control ke dalam form, dan mengubah teks default Button1 menjadi OK pada properties window, maka kata OK akan muncul dalam bentuk Button, seperti yang ditunjukkan gambar di bawah ini:


Sekarang klik 2x pada button, kemudian isi codingan nya seperti pada gambar di bawah ini :


Kemudian jalankan program, kemudian tekan Button OK yang telah anda buat tadi. Maka akan muncul sebuah kotak dialog yang berisi pesan "WELCOME TO VISUAL BASIC 2010".


Program pertama Anda di Visual Basic 2010 berhasil dibuat.


2.2 Menggunakan Text Box

Berikutnya saya akan menunjukkan cara untuk membuat kalkulator sederhana yang menambahkan dua angka menggunakan control TextBox. Dalam program ini, Anda memasukkan dua textbox, tiga label dan satu button. Dua textbox bagi pengguna untuk memasukkan dua nomor, satu label adalah untuk menampilkan operator penambahan dan satu label untuk menampilkan tanda sama dengan. Sekarang ubahlah text pada button menjadi Calculate, kemudian klik 2x pada button ini dan masukkan codingan berikut:

Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click

Dim Hasil As Integer
Dim Txt1 As Integer
Dim Txt2 As Integer

TextBox3.Text = Hasil
Txt1 = TextBox1.Text
Txt2 = TextBox2.Text

Hasil = Val(Txt1) + Val(Txt2)

End Sub

Ketika Anda menjalankan program dan memasukkan dua nomor, kemudian menekan tombol calculate maka memungkinkan program untuk menambahkan dua angka seperti pada gambar di bawah ini.






No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog sederhana ini :)